Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT

Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT - Smartphone android memang banyak sekali memberikan kemudahan dengan adanya berbagai aplikasi yang memudahkan untuk keperluan mencari informasi dan berkomunikasi. Akan tetapi,  ketika kita sedang menggunakan android tersebut baik itu berbagai merk di antara nya samsung, asus, xiamoi, oppo, lenovo dll. telah banyak menyisipkan berbagai aplikasi bawaan pabrik ( Bloatware ) yang sangat di perlukan bagi para user android demi kebutuhan nya, sehingga anda tidak perlu mendownload aplikasi tersebut di playstore karena developer ponsel android tersebut telah menyiapkan aplikasi yang langsung bisa di gunakan.

Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT 

Bloatware atau yang biasa di sebut dengan aplikasi bawaan android ialah aplikasi yang tertanam yang telah di siapkan dari berbagai developer android demi kemudahan pengguna android dalam menjalankan aktivitas keseharian. Dan, ternyata hampir tidak semua pengguna android tidak menyukai adanya aplikasi yang tertanam tersebut apalagi aplikasi bawaan android tersebut tidaklah sangat berguna dan mungkin hanya akan memberatkan kinerja RAM dan juga ROM android yang semakin memakan ruang penyimpanan internal android yang di gunakan

Dan terutama, bagi anda yang sudah terbiasa dengan mengutak-atik sistem smartphone Android mungkin saja sangat mudah sekali menghilangkan berbagai apikasi yang tidak bisa di hapus dari bawaan HP android karena umumnya menghilangkan aplikasi bloatware secara permanen bisa dilakukan dengan bisa menggunakan akses root dan juga aplikasi pihak ke tiga seperti aplikasi system app remover. Dan, tentunya tidak semua pengguna android tahu bagaimana cara melakukan root sistem dengan baik dan malah akan membahayakan sistem dan bahkan lagi akan menyebabkan error serta bootloop ataupun mati total.

...lalu

Bagaimana sih cara menghapus dan menghilangkan aplikasi bawaan pabrik ( Bloatware ) android secara permanen tersebut tanpa root ?

1. Aplikasi bloatware/bawaan pabrikan smartphone tidak bisa dibuang secara permanen namun bisa dimatikan prosesnya agar tidak memakan resource memori berlebihan.

2. Proses aplikasi yang dinonaktifkan tersebut setelah dimatikan akan dikembalikan ke setelan pabrikan dan tidak akan melakukan aktifitas apapun sebelum penggunanya mengaktifkannya kembali.

3. Selain itu, dapat menghemat pemakaian resource ruang penyimpanan internal yang minim, karena seperti diketahui bahwa setiap aplikasi yang berjalan di background secara terus menerus akan menciptakan file temporary dan cache yang semakin lama memenuhi ruang penyimpanan ROM.


Menghilangkan aplikasi bawaan yang tidak terlalu berguna ataupun tidak penting memanglah sangat merugikan terutama aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, dan secara tidak langsung aplikasi android tersebut terhubung dengan jaringan internet yang akan memakan dan dapat menghabiskan kuota data internet.

Dan, ternyata sering kali terdengar para pengguna HP android mengeluhkan dengan adanya aplikasi bawaan pabrik tersebut terutama merk samsung, asus dan ingin menghapus nya tetapi sangat sulit untuk di hapus terutama ponsel android yang belum di root. Untuk itu saya akan mencoba memberikan sedikit informasi serta tutorial yang dapat anda gunakan dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan PC.

Cara Mematikan Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dengan Mudah

Dengan berbagai penjelasan di atas mungkin setidak nya anda sedikit paham, dan sekarang kita lanjut ke tahap berikut nya yaitu proses menonaktifkan aplikasi bawaan pabrik HP android yang bandel.

1. Masuk ke menu pengaturan ponsel dan masuk ke opsi manager aplikasi. Untuk beberapa tipe ponsel tempat dan letak pengaturan aplikasi bisa berbeda tapi intinya semua ada menu dan opsi untuk masuk ke setelan aplikasi.

2. Setelah masuk ke opsi manajer aplikasi, silahkan pilih aplikasi mana yang ingin dinonaktifkan. dan sebagai contoh ingin mematikan proses dari aplikasi bawaan android yang biasa nempel di setiap type ponsel bawaan pabrik yaitu aplikasi cuaca atau weather.
Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT 

3. Pilih aplikasi dan akan tampil beberapa opsi serta tombol, silahkan tekan tombol 'nonaktifkan' atau 'matikan'.

4. Nanti akan muncul pemberitahuan bahwa data dan juga aplikasi terkait lainnya akan terpengaruh, tidak usah dihiraukan klik saja tombol persetujuan. di beberapa versi android juga akan memunculkan notifikasi semisal kalimat 'apakah anda ingin menggantikan dengan versi pabrik' maka jawab saja yes/ok.

5. Selesai, dan lanjutkan mematikan beberapa aplikasi yang anda rasa tidak perlu dan tidak berguna.

Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan bagi sobat semua Bagaimana Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Pabrik Android Tanpa ROOT dengan mudah dan cepat. Serta dapat bermanfaat..

0 Response to "Cara Menghapus dan Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel