Cara Downgrade dan Install Ulang OS Android Cyanogenmod di Samsung Galaxy Duos GT-I9082 ke Jellybean

Bagi anda yang suka dengan modding dan suka ganti versi OS Android pastinya tidak luput dengan istilah upgrade dan downgrade. Dan permasalahan kali ini kita akan membahas bagaimana cara downgrade atau istilah keren nya instal ulang ROM OS android dari custom rom cyanogenmod ke OS bawaan pabrik dari samsung duos GT-I9082 tersebut.

Sedikit cerita yang berkaitan dengan Custom ROM Cyanogenmod OS android ketika menggunakan rom os android versi 6.0.1 marshamallow awalnya biasa-biasa saja tidak masalah menggunakan custom rom Cyanogen tersebut dan berjalan lancar. akan tetapi, kemarin-kemarin mengalami masalah serius  yaitu tidak bisa masuk ke homescreen android karena trebuchet ataupun launcher yang di gunakan selalu force close " menutup sendiri " dan bahkan lebih parah nya langsung bootloop berulang-ulang.


Ketika kita masuk ke setelan pengaturan android ternyata sama juga dan ketika itu android yang saya gunakan adalah samsung galaxy duos gt-i9082 dengan menggunakan cyanogenmod resurrection remix 6.0.1 marshmallow. dan saya coba mencari informasi tentang masalah yang di hadapi tersebut baik itu dengan cara reset melalui cwm atau twrp recovery masih aja tetap sama, dan kemudian saya upgrade ke nougat masih tetap sama juga, dan akhir nya saya coba instal ulang atau downgrade dengan custom rom baik itu versi OS kitkat, lollipop untuk samsung duos milik saya ini, masih juga mengalami hal yang sama..semakin bingung saja.

Terpaksa kali ini saya coba downgrade OS android samsung duos tersebut ke OS bawaan pabrik yaitu Versi OS Jellybean 4.2.2 dan ternyata masalah itu bisa teratasi sehingga android saya sekarang masih tetap berfungsi normal. Dan bagi anda yang mengalami masalah seperti yang saya jelaskan dan ingin instal ulang atau flashing android samsung galaxy duos gt-I9082 anda menggunakan odin  silahkan lihat tutorial nya sebagai berikut..

Bahan utama flashing ( install ulang ) samsung galaxy duos ke jellybean 4.2.2


1. Firmware bawaan pabrik jellybean 4.2.2 terbaru download
2. Odin 3.0.7
3.Samsung driver download

Apabila, semua nya sudah anda download silahkan instal samsung driver terlebih dahulu kemudian ekstrax file firmware yang sudah anda download tadi.

Panduan Instal Ulang Samsung Duos GT-I9082 ke Jellybean 4.2.2 Menggunakan Odin


1. Buka aplikasi odin di pc anda
2. Matikan android dan masuk ke menu mode downloading dengan cara tekan tombol power + home + volume down secara bersamaan sehingga akan masuk ke menu downloading mode dan setelah itu tekan lagi tombol volume up

Cara Downgrade dan Install Ulang OS Android Cyanogenmod di Samsung Galaxy GT-I9082 ke Jellybean

3. Masukan atau colokkan android anda dengan kabel usb
4. Setelah itu odin akan mendeteksi keberadaan samsung duos anda dengan muncul nya ID:COM berwarna biru
4. Centang atau ceklis auto reboot dan juga f.reset time  pada option dan ceklis pada PDA kemudian cari file firmware samsung duos yang sebelum nya anda download

Cara Downgrade dan Install Ulang OS Android Cyanogenmod di Samsung Galaxy GT-I9082 ke Jellybean

5. Selanjutnya klik star dan tunggu beberapa saat odin sedang melakukan flashing terhadap android anda.
6. Dan apabila sudah beres akan di tandai dengan muncul nya tulisan PASS berwarna hijau.

Cara Downgrade dan Install Ulang OS Android Cyanogenmod di Samsung Galaxy GT-I9082 ke Jellybean

7. Silahkan cabut usb di pc dan tunggu hingga proses reboot berlangsung untuk menuju homescreen android samsung duos anda.


Proses instal ulang selesai, dan untuk selanjut nya silahkan di konfigurasikan setelan android anda. Dan mungkin hanya ini yang dapat saya berikan buat anda semua tentang cara panduan downgrade atau install ulang samsung duos gt-I9082 ke jellybean dengan menggunakan odin. semoga bermanfaat..

1 Response to "Cara Downgrade dan Install Ulang OS Android Cyanogenmod di Samsung Galaxy Duos GT-I9082 ke Jellybean"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel