Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone dan iPad

Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone dan iPad - Pengguna iPhone dan iPad memang dimanjakan oleh banyaknya  aplikasi yang di tawarkan dengan hal yang menarik yang bisa mereka download melalui app store, ada banyak aplikasi yang tersedia dengan gratis ataupun berbayar dengan sesuka hati, dan bisa anda download kapan saja.

Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone dan iPad
Tapi tahukah anda, semua aplikasi yang anda download melalui App Store yang kemudian anda install seperti hal nya aplikasi sosmed seperti BBM, Line, Instagram, Game yang di gunakan iPhone atau iPad. Dan seiring bertambahnya waktu aplikasi tersebut akan memiliki ukuran yang semakin besar dibandingkan dengan ukuran awal. Karena semua itu disebabkan oleh Cache dan juga File sampah bahkan history yang di gunakan pada aplikasi tersebut. Selain itu, jika anda menghubungkan iPhone anda ke iTunes, anda akan melihat file dengan keterangan "other" dengan ukuran yang cukup besar, salah satu element file other adalah cache.

Artikel lainya : Percepat Kinerja iPhone dengan Menggunakan Macgo iphone cleaner 

Untuk itu, silahkan anda cek masing-masing dari ukuran aplikasi yang terinstall pada iPhone atau iPad anda, melalui aplikasi setting, general kemudian ke bagian Usage dan Manage Storage, pada bagian ini, semua daftar aplikasi akan di tampilkan, silahkan anda membuka salah satunya, untuk contoh aplikasi silahkan anda buka pada bagian facebook atau bbm karena kedua aplikasi tersebut sering anda gunakan, mungkin anda akan sedikit heran karena ukuran kedua aplikasi tersebut menjadi lebih besar dibandingkan dengan ukuran file saat pertama kali anda download, dan seperti yang saya jelaskan sebelumnya jika hal tersebut disebabkan oleh Cache yang terdapat pada bagian "Dokumen & data" pada setiap aplikasi yang terinstall.

Cydia Tweaks CacheClearer, Aplikasi untuk Membersihkan File Sampah di iPhone dan iPad

Apabila anda pernah menggunakan android mungkin sangat mudah membersihkan dan menghapus file cache bahkan file sampah. akan tetapi, hal ini berbeda di dalam perangkat iOS bai itu ios 7/8/9 dan ios 10 yang tidak memiliki fitur untuk membersihkan file cache, dan seharusnya Apple juga untuk memberikan dan menambhakan fitur ini, agar storage " ruang penyimpanan "pada perangkat iOS tidak menjadi penuh karena disebabkan oleh cache aplikasi yang terus membengkak dan penuh.

Bagi anda pengguna iPhone dengan kondisi jailbreak, anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah, karena ada sebuah tweaks dari cydia dengan nama CacheClearer, dibuat oleh salah satu developer terkenal yaitu Ryan Petrich, tweaks ini berfungsi untuk menambahkan fitur clear cache pada setiap aplikasi yang terdapat pada perangkat iOS anda. anda bisa mendownload tweak CacheClearer dengan gratis dari cydia dengan menambahkan repo/source "http://rpetri.ch/repo" atau anda bisa lihat source/repo gratis di artikel saya sebelumnya yaitu source repo terbaik untuk iphone jailbreak.

Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone Jailbreak

Setelah tweak ini anda download dan terinstall pada iPhone baik itu iphone 4, iphone 5 bahkan iphone 6/7 serta ipad yang sudah terjailbreak, selanjutnya anda bisa membuka aplikasi Setting dan akses ke bagian "General → Usage → Manage Storage", dan silahkan buka kembali salah satu aplikasi yang menurut anda perlu dibersihkan dari file cache, pada bagian aplikasi tersebut, setelah anda buka, selanjutnya akan tampil tiga pilihan, "Delete App", "Reset" dan "Clear App's Cache". masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, yang pertama tentunya akan menghapus (uninstall) aplikasi, kedua mengembalikan aplikasi seperti semula saat pertama kali anda download, ketiga memberihkan file cache pada aplikasi.

Baca Juga : iCleaner Pro, Aplikasi cydia tweaks terbaik untuk membersihkan berbagai file sampah di iPhone 

Dengan cara menghapus dan membersihkan file sampah baik itu cache, histori, junk, cookies di iphone dan juga ipad yang anda gunakan pasti nya akan melegakan ruang penyimpanan ios sehingga tidak penuh dan selain itu fungsi utama tadi maka iphone anda akan semakin cepat bahkan tidak lemot untuk di gunakan.

Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan buat sobat semua tentang Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone dan iPad dengan mudah dan semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Menghapus dan Membersihkan File Sampah "Cache" di iPhone dan iPad"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel